Lesson study (LS) merupakan salah satu model pembinaan  profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan pada prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar.
Diharapkan dengan LS semua guru dapat profesional, memiliki kinerja sesuai dengan standar sehingga mampu memberikan pelayanan yang bermutu bagi peserta didik.

Implementasi Lesson Study  
Pelaksanaan Lesson study  IPA berbasis MGMP (LS MGMP) untuk putaran I dimulai dari 17 September sampai 19 Nopember 2011.
Peserta LS MGMP IPA terdiri dari 20 guru fasilitator IPA dan 20 guru imbasan.
Tempat kegiatan dirolling dari sekolah satu ke sekolah lain agar terjadi difusi informasi antar sekolah.
Pendampingan LS MGMP IPA dibimbing oleh 4 fasilitator propinsi .
Kegiatan LS MGMP IPA terdiri 2 tahap yang masing-masing tahap beralur Plan - Do - See .

Plan
Guru diklasifikasikan menjadi 2 kelompok plan yang tujuannya untuk menentukan 2 tema pembelajaran.
masing - masing tema pembelajaran direncanakan secara kolaboratif untuk membuat Silabus, RPP, LKS dan setting lokasi tempat duduk siswa.

Do
Hasil RPP yang sudah disusun secara kolaboratif 1minggu yang lalu kemudian dilaksanakan oleh salah satu guru model. Guru model melaksanakan semua rancangan dalam RPP. sedangkan guru-guru lain mengobserver sesuai dengan pedoman dan lembar observasi. Temuan-temuan hasil observasi guru observer direfleksikan pada kegiatan refleksi.

See (Refleksi)
Guru observer mengemukanan hasil observasinya sekaligus mengemukakan alternatif solusi dari permasalahan yang disampaikan. Hasil refleksi digunakan untuk perbaikan kegiatan plan pertemuan berikutnya.



Video Kegiatan LS MGMP IPA bulan Oktober 2011